MAN Insan Cendekia Sorong Melaksanakan CBT SNPDB Tahun 2024

Share Post

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Humas MAN Insan Cendekia Sorong. Pelaksanaan Computer Based Test (CBT) Seleksi Nasional Penerimaan Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN Insan Cendekia Sorong hari ini (Sabtu, 2 Maret 2024) merupakan hari pertama yang kemudian direncanakan akan dilaksanakan selama dua hari hingga besok.

Ratusan siswa yang hadir dalam acara pembukaan yang dilaksanakan di Aula Ainun Habibie tampak sangat antusias, mereka merupakan siswa/i SMP dan MTs yang berada di Kabupaten dan Kota Sorong. Orang tua wali turut hadir mendampingi anak anak mereka untuk melaksanakan CBT pada hari pertama ini. Beberapa guru juga terlihat mendapingi peserta didik mereka dalam menghadapi ujian masuk di MAN Insan Cendekia Sorong.

Ketua Panitia SNPDB tahun 2024, Bongso Karepesina memaparkan dalam laporan ketua panitianya bahwa, “jumlah pendaftar pada tahun ini sebanyak 581 pendaftar dengan rincian pilihan satu sebanyak 504 orang dan 77 orang memilih MAN IC Sorong sebagai pilihan ke-dua. Asal pendaftarpun cukup fariatif, berasal dari berbagai daerah mulai dari Provinsi Papua Barat Daya, Papua Barat, Papua, Maluku, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung dan Nusa Tenggara Timur.”

Ismail Z. Betawi di dalam sambutannya mengungkapkan, “Anak-anak termasuk kategori anak yang sangat beruntung, beruntung karena mendaftarkan dirinya untuk bersekolah MAN Insan Cendekia itu menggambarkan bahwa ada satu semangat yang tumbuh dari mereka sendiri.”

“Saya yakin anak anak ini memiliki ekspektasi untuk menjadi orang Insan Cenekia itu ada, bahkan orang tua juga begitu, antara keinginan orang tua dan harapan dari pada anak itu mereka memilki koneksi yang baik insya Allah, Allah ijabahkan keinginan itu untuk menjadi orang Insan Cendekia. Visi Madrasah ini adalah mempersiapkan calon pemimpin masa depan, calon pemimpin yang diproses dengan proses yg elegan, Insya Allah dia menjadi calon pemimpin yang baik untuk generasi masa depan,” imbuh Kepala Madrasah yang biasa disapa Pa Ismail itu.

Sementara itu Kepala Seksie Pendidikan Islam Kantor Kemenag Kabupaten Sorong, Arobi Beyete Mengatakan bahwa, “ini adalah taaruf akademika, perkenalan kampus, masuk di MAN IC ini menjadi tujuan untuk menimba Ilmu, harapan kami teruslah belajar, di sinilah (MAN IC Sorong) tempat untuk digodok untuk menjadi generasi yang diharapkan di masa depan dalam menyongsong Indonesia emas 2045.”

CBT tahun ini di MAN Insan Cendekia Sorong secara resmi dibuka oleh Arobi Beyete, (Kasie Pendis Kankemenag Kabupaten Sorong). Dengan memukul Tifa sebanyak-banyaknya sebagai simbol dibukanya CBT, riuh tepuk tangan anak-anak dan orang tuapun menyambut dengan girang.

Tak ketinggalan, karya anak-anak OSIS, MPK, Pramuka, Dan PMR tak kalah menarik, mereka membangun stand-stand untuk membuat Bazar berupa snack dan minuman dingin yang kemudian dijajakan untuk adik adik mereka yang datang mengikuti ujian CBT juga orang tua wali dan guru-guru. Mereka sangat semangat mengantar peserta CBT ke ruang ujian yang telah di sediakan, mengatur temapat parkir, berjaga jaga di dekat lokasi ujian bila mana ada peserta ujian yang tiba tiba sakit.

Lokasi ujian di MAN Insan Cendekia Sorong adalah: di Laboratorium Terpadu terdapat tiga ruang, yakni Lab Bahasa, Lab Komputer Perpustakaan, Sementara satu ruang lagi di Ruang Kelas Belajar (RKB). Total ruang yang digunakan adalah 4 ruangan dengan jumlah komputer kurang lebih 100 unit.

Waktu Ujian terbagi menjadi 2 sesi, yakni sesi 1 dilaksanakan pada pkl. 07:30-11:30 WIT dan sesi 2 dulaksanakan pada pkl. 13:30-17:00. WIT, Tampak orang tua wali dan guru bersabar untuk menanti anak mereka dalam mendhadapi ujian, peserta ujian dengan jadwal sesi keduapun sudah datang dan menunggu giliran sejak pagi. Semoga anak anak yang lulus merupakan pilihan yang terbaik, juga yang belum lulus menjadi pilihan terbaik di sekolah-sekolah lainnya.

Share Post

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

Prestasi Siswa